Penanaman Nilai-nilai Spiritual Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0

Maria Hidayanti

Abstract


Minat pada spiritualitas anak-anak telah meningkat dalam dekade terakhir. Sehingga diperlukan metode-metode menyampaikan nilai-nilai spiritual tersebut sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangaan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah, guru dan orangtua RA Miftahul Huda Jatipamor. Hasil penelitian ini beradsarkan observasi dan wawancara penggiunaan metode Bercerita, Demonstrasi, Pembiasaan, dan Praktek Langsung memberikan dampak baik bagi penanaman nilai-nilai spititual anak PAUD

Full Text:

PDF PDF

References


Adawiyah, A., & Sulfasyah, J. A. (2016). Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, 4(2).

Belet, S. D., & Dala, S. (2010). The use of storytelling to develop the primary school students’ critical reading skill: the primary education pre-service teachers’ opinions. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 9, 1830–1834.

Bone, J. (2008). Exploring trauma, loss and healing: Spirituality, Te Wariki and early childhood education. International Journal of Children’s Spirituality, 13(3), 265–276.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed). Pearson education, Inc.

Divrengi, M., & Aktan, E. (2011). Early childhood education in Turkey: pre-school teachers’ attitudes towards diversity. Journal of Peace Education, 8(1), 37–53.

Fadli, F. (2019). Metode Praktek dalam Memperkenalkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini di PAUD Mawar Tasikrejo Pemalang. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 121–136.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2011). How to design and evaluate research in education. New York: McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages. https://pdfs.semanticscholar.org/60b6/99eda714ac21599455741fb499dd4e68f615.pdf

Hananti, B. A. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Anak Usia Dini Di Tk It Insan Kamil Gandrungmangu Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. IAIN.

Herlina, H. (2016). Meningkatkan Kemandirian melalui Metode Demonstrasi pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aba 010 Cabang Kuok Kabupaten Kampar. Educhild: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 5(1), 37–45.

Idris, F., Hassan, Z., Ya’acob, A., Gill, S. K., & Awal, N. A. M. (2012). The role of education in shaping youth’s national identity. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 443–450. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.299

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan metode pembiasaan dalam pembelajaran dengan disiplin anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 105–110.

Isik, M. A. (2016). The Impact of Storytelling on Young Ages. European Journal of Language and Literature, 2(3), 115–118.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6(2), 228–243. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2042

Johansson, V. (2019). Wildly wise in the terrible moment: Kant, Emerson, and improvisatory Bildung in early childhood education. Educational Philosophy and Theory, 51(5), 519–530. https://doi.org/10.1080/00131857.2017.1389270

Masykuroh, K. (2020). Penanaman Nilai Keislaman Pada Anak Dhuafa Di Paud Insan Cerdas Kota Bekasi. EARLY CHILDHOOD: JURNAL PENDIDIKAN, 4(1), 44–56.

Mata-McMahon, J. (2017). Spirituality and humour: Making connections for early childhood education. International Journal of Children’s Spirituality, 22(2), 170–178. https://doi.org/10.1080/1364436X.2017.1287681

Mata-McMahon, J. (2019a). Exploring Connections Between Humor and Children’s Spirituality. In Research on Young Children’s Humor (pp. 223–241). Springer.

Mata-McMahon, J. (2019b). Finding connections between spirituality and play for early childhood education. International Journal of Children’s Spirituality, 24(1), 44–57. https://doi.org/10.1080/1364436X.2019.1619528

Opiela, M. L. (2020). Catholic pedagogy in early childhood education: a report on a neglected field of research. International Studies in Catholic Education, 12(2), 172–190. https://doi.org/10.1080/19422539.2020.1810994

Priningsih, Y., Endang, B., & Yuniarni, D. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Tanjungpura University.

Purba, E., Yusuf, A., & Astuti, I. (2013). Peningkatan Nilai-Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Tanjungpura University.

Rohani, S. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di TK Diponegoro 138 Jipang Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. IAIN.

Supriyanto, D. (2015). Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 66–75.

Surr, J. (2016). Spiritual experiences in early childhood education: four kindergarteners, one classroom. Taylor & Francis.

Suryadi, D. (2015). Refleksi Kritis Tradisi Pendidikan Matematika dan Sebuah Gagasan Alternatif. In Pendidikan Disiplin Ilmu Abad 21: Sebuah Kajian Prospektif. (pp. 122–147). UPI PRESS.

Sutedja, H. (2017). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PENGEMBANGAN SAINS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PADMA MANDIRI WAYHALIM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.