POLA ASUH ORANGTUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK

Diah Ratnasari

Abstract


Pendidikan karakter yang utama dan pertama bagi anak adalah lingkungan keluarga. Pendidikan dalam keluarga sangatlah penting dan merupakan pilar pokok pembangunan karakter seorang anak. Keluarga sebagai merupakan lingkungan pendidikan yang paling utama dan bertanggung jawab mendidik anak-anaknya. Pendidikan yang diberikan orangtua seharusnya memberikan dasar bagi pendidikan anak mengenai proses sosialisasi dan kehidupannya di masyarakat. Pola asuh orangtua yang baik akan membawa dampak baik bagi perkembangan anak demikian juga sebaiknya. Keberhasilan pembentukan karakter pada anak ini salah satunya dipengaruhi oleh tipe pola asuh orang tua dalam mendidik anak. Orangtua memegang peranan penting dalam membentuk sistem interaksi yang intim dan berlangsung lama ditandai oleh loyalitas pribadi, cinta kasih dan hubungan yang penuh kasih sayang. Pendidikan merupakan suatu media yang paling jitu dalam mengembangkan potensi dan membentuk karakter anak baik berupa keterampilan maupun wawasan. Oleh karena itu, pendidikan secara terus-menerus dibangun dan dikembangkan agar dari proses pelaksanaannya menghasilkan generasi yang diharapkan. Demikian dengan Indonesia, bangsa kita juga tidak ingin menjadi suatu bangsa yang bodoh dan keterbelakang terutama dalam menghadapi zaman yang terus berkembang di era kecanggihan teknologi dan komunikasi. Setiap anak pada hakikatnya cenderung pada kebaikan. Ada faktor-faktor tertentu yang menyebabkan anak tiba-tiba berperangai buruk, kasar atau bahkan memusuhi orangtuanya. Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan anak. . Setiap anak pada hakikatnya cenderung pada kebaikan. Ada faktor-faktor tertentu yang menyebabkan anak tiba-tiba berperangai buruk, kasar atau bahkan memusuhi orangtuanya. Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan anak. Sebagai orang tua sudah seyogyanya dapat memberikan yang terbaik pada anak agar nantinya anak menjadi insan yang bermanfaat dan ber-kualitas. Pada anak usia dini terbukti sangat menentukan kemampuan anak dalam mengembangkan potensinya


Full Text:

PDF

References


Roestyah, (1989). Metode Pembelajaran. Bandung: Renika Cipta.

Anas Salahudin dan Irwanto Alkrienciehie, Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa), Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Anita Yus, “Pengembangan Karakter Melalui Hubungan Anak-Kakek-Nenekâ€, dalam Arismantoro (peny.) Tinjauan Berbagai Aspek Character Building, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group (Kencana). Sugiyono. 2009.

Ahmad Susanto, Perkembangan anak usia dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta:

Kencana, 2014.

Furqon Hidayatullah, Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta:

Yuma Pustaka, 2010.

Jeanne Ellis Ormrod, Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, (terj) Wahyu Indianti, Jakarta: PT.Erlangga, 2008.

Muchlas Samani & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya, 2013

Nurul Zuriah, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti

dalam Perspektif Perubahan, Jakarta: Budi Aksara, 2007

Ratna Megawati, Character Parenting Space,

Bandung: Read, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.