PENTINGNYA PARENTING STYLE OLEH ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

Maria Hidayanti

Abstract


Pembentukan karakter anak dilakukan sejak anak usia dini. Keluarga menjadi lingkungan pertama dalam proses pendidikan karakter anak. Pola asih orang tua menjadi salah satu factor utama dalam mendidik dan membentuk karakter anak. Pola asuh orang tua terdiri dari tiga jenis, yaitu pola asuh permisif, pola asuh otoriter, dan pola asuh demokratis. Anak yang dididik dengan menggunakan pola asuh permisif, akan menjadi anak menjadi sifat keras kepala, berpegang teguh pada pendapatnya dan terkesan tidak peduli orang lain. Pola asuh otoriter membentuk anak menjadi anak yang mempunyai karakter cenderung tidak bisa memecahkan masalahnya sendiri, selalu butuh bantuan dan tidak mandiri. Sedangkan pola asuh demokratis membentuk anak menjadi mandiri, dan bisa mengontrol dirinya sendiri, mempunyai percaya diri yang tinggi, bisa bersosialisasi dengan baik di lingkungannya, mampu mengatasi permasalahan yang dia miliki, tertarik dengan hal yang baru, kooperatif dengan orang yang lebih tua usianya, menjadi anak yang patuh dan menuruti perintah orang tua, dan mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi. Namun yang terjadi di masyarakat adalah orang tua tidak hanya menggunakan satu pola asuh dalam mendidik anak-anaknya

Full Text:

PDF

References


Afindra, Pipin dan Syahrul Ismet. (2020). Efektivitas Permaiann Perkusi Kastanyet terhadap Kecerdasan Musikal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai.Volume 4 Nomor 1.

Dwi andini, (2020). Pola asuh dalam pendidikan karakterisktik anak usia dini. Jurnal MOTORIC Vol. 4 No. 2.

Loeziana uce. 2017. The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Jurnal UIN ar raniriy.1(3):79.

M Hidayat ginanjar. 2013. Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Jurnal pendidikan islam. 2(3):230-234.

Nursalam, dkk. (2005). Asuhan Keperawatan Bagi Anak (untuk perawat dan bidan). Jakarta: Salemba Medika

Septi Irmalia. 2020. Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Anak Usia Dini. Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan. 5 (1):34-35.

Uswatun Hasanah. 2016. Pola Asuh Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal dasar. 2(2) :72-82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.